Cara Penerapan Budaya K3 Dalam Perusahaan

Cara Penerapan Budaya K3 dalam Perusahaan

Manajemen harus aktif memonitoring dan mengevaluasi penerapan SOP K3 yang sudah disusun, sebab penerapan K3 sendiri membawa kontibusi praktis terhadap efektifitas proses bisnis perusahaan. Beberapa tips yang bisa diterapkan dalam penerapan budaya K3 di perusahaan:
1. Pembuatan kebijakan tertulis;
Kebijakan tertulis ini berupa penerapan kebijakan K3 berupa penyusunan petunjuk pelaksanaan program untuk mencegah kecelakaan kerja di lapangan, baik berupa pelatihan, cek kesehatan, maupun pelaporan; serta adanya pengukuran kinerja terhadap pelaksanaan program-program K3 dari manajemen
2. Komunikasikan kepada karyawan
Visi misi yang mencakup K3 harus dikomunikasikan ke semua karyawan, bahkan ke mitra kerja. Aturan serta SOP harus disosialisasikan dan dipastikan semua karyawan paham benar apa yang menjadi tanggung jawab, kewajiban, serta haknya dalam keselamatan kerja.
3. Pelaporan Inseden dan kecelakaan
Tekankan kepada karyawan bahwa pelaporan insiden kerja atau keceleakaan sangat penting dilakukan, bahkan yang belum terjadi atau hampir celaka (near miss). Hal ini sebagai bahan untuk antisipasi adanya insiden kedepannya.
4. Sediakan wadah komunikasi untuk pelaporan insiden kecelakaan
Jika perusahaan anda adalah perusahaan besar dengan ratusan karyawan, tentu dibutuhkan sebuah wadah untuk menampung keluhan dan pelaporan insiden K3 yang terjadi di perusahaan. Pemanfaatan teknologi mobile kini bisa diterapkan untuk mewadahi pelaporan segala insiden kecelakaan di perusahaan, dengan aplikasi Cared dari Gamatechno. Aplikasi ini merupakan sistem informasi yang dikembangkan khusus guna mempermudah pemantauan keselamatan publik hingga mengidentifikasi lokasi bencana berdasarkan data geospasial yang dikirim oleh penggunanya melalui perangkat mobile. Sistem cared memungkinkan pemilik sistem dalam hal ini perusahaan untuk menentukan strategi mitigasi maupun aksi tanggap darurat.
Perangkat mobile yang diakses setiap hari oleh karyawan bisa dimanfaatkan menjadi alat untuk pelaporan insiden maupun kecelakaan yang terjadi. Tim manajemen juga dimudahkan dalam mengevaluasi laporan-laporan yang masuk melalui dashboard yang disediakan, sehingga bisa mempercepat proses pengambilan keputusan terkait keamanan dan keselamatan kerja karyawan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PEMASANGAN NGT

Klasifikasi diagnosis waham

Hubungan Buah Naga Dengan Kadar Gula Darah Pada Pasien Yang Mengalami Diabetes Melitus